Uncategorized

Life After Collage Graduation

 

img-20160825-wa0035-1-1
Moment wisuda agustus kemarin ❤

 

Terhitung udah 3 bulan setelah aku wisuda Agustus kemarin, dan pertanyaan yang paling sering ku denger dari orang-orang yaitu: udah ngapain aja selama 3 bulan ini ? kok masih ngang*** HMMM. Ditulisan ini aku pengen berbagi kegalauan hidup sebagai fresh graduate (apakah aku masih bisa dikatakan fresh? ntahlah) hahaha

Seperti yang kita tau dan kita alami bahwa beban kuliah lebih berat dibanding sekolah, dari mulai tugas yang banyak banget dalam waktu bersamaan (apalagi tugas paper), urusan organisasi, belum lagi urusan pribadi kaya keluarga, keuangan, atau percintaan bagi beberapa orang. Makanya banyak yang menjadikan moment kelulusan kaya wisuda  ini bagaikan abis lepas dari sarang harimau. Beragam foto, ucapan terimakasih, dan lain lainnya meramaikan media sosial dari mulai path, instagram, snapchat, twitter, facebook, bahkan sampe blog kaya aku ini…padahal yang harus kita sadari setelah lepas dari sarang harimau kita masuk ke kandang buaya, macan, srigala, ular, dan hewan hewan buas lainnya WELCOME TO THE JUNGLE!

Pas lagi sidang sampe wisuda aku selalu ngingetin temen temen ku “guys kita jangan sampe terlena sama kebahagiaan yang fana ini” maksudnya biar gak foto-foto mulu, capek asli. Tapi temen-temen ku bilang “gapapa meee sehari doang ini” sok lah kita foto-foto lagi sampe dapet yang paling bagus buat di upload.

Sedikit flashback di masa gencar gencarnya ngerjain skripsi, yang ada dipikiran ku saat itu: “Aku pengen lulus yaallah, pengen lulussss, itu aja” dan akibat itulah masih banyak makhluk-makhluk yang setelah lulus bingung mau ngapain, seperti aku ini. Sebenarnya banyak banget opsi yang bisa kita lakukan setelah lulus

  • Ada yang mau jalan jalan dulu (ceritanya istirahat bentar setelah capek kuliah)
  • Ada yang pingin langsung kerja
  • Ada yang pingin magang dulu
  • Ada yang pingin lanjut kuliah (S2)
  • Ada yang pingin langsung nikah
  • Ada yang pingin merintis usaha
  • dan masih banyak lagi

Beberapa temen ku emang banyak yang liburan dulu abis wisuda, ada yang liburan bareng ke lombok, liburan sendiri mengelilingi dunia (ini orang banyak duitnya emang), dan ada juga yang gak kemana-mana kaya  aku. Liburan seminggu sampe sebulan setelah lulus emang enak banget tapi jangan sampe terlena jadi liburan mulu kecuali ngana adalah orang yang duitnya gak berseri.

Orang yang ingin langsung kerja juga banyak, banyak banget malah (aku contohnya), beberapa kali aku ikut rekrutmen instansi-instansi pemerintah yang prosesnya cukup panjang dan berakhir dengan kegagalan bahkan salah satunya udah mau tahap akhir dan gagal, sakit banget asli . 

Setiap orang punya pekerjaan impiannya masing-masing, aku pribadi juga begitu tapi jujur aja aku punya beberapa opsi mengingat hidup ini kadang gak selalu sesuai sama keinginan kita. Buat aku fokus sama satu impian itu emang penting, tapi lebih penting lagi mencari opsi lainnya yang cukup dekat dengan mimpi itu supaya ketika satu gagal maka ada semangat lagi untuk mencari yang lain.

Pilihan lain ketika kita belum dapet kerja alias masih nganggur adalah magang, dan sekarang aku juga lagi magang sambil tetep ngajar les. Ini kali keduanya aku magang, setelah sebelumnya karena memang program dari jurusan. Agak sedikit sangsi memang ketika kita udah lulus tapi bukannya kerja malah magang, tapi aku bersyukur aja karna banyak banget pelajaran yang bisa didapat saat magang. Bisa dibilang aku ini gagap kerja, suasana kerja sama kuliah itu 360 derajat beda bangeeeeet. Saat kuliah kita biasa kerjasama dengan orang-orang yang umurnya ga beda jauhlah paling beda juga 2-3 tahun (kecuali dosen ya), tapi ketika kerja kita dihadapi sama orang-orang yang bahkan seumuran sama orangtua kita. Terus lagi aku agak sedikit shock ketika kerja harus pake excel, selama kuliah aku ga pernah nyentuh excel karna semua dibikin pake word atau powerpoint, lebih malu lagi ketika aku ga ngerti gimana cara pake mesin fotocopy kantor, karena magang aku ngerti itu semua haha. Sekarang ini aku belajar excel lagi karena aku sadar itu kepake banget di dunia kerja. Magang sambil nunggu panggilan kerja, sambil ikut proses rekrutmen lain bisa jadi pilihan yang bijak.

Beberapa orang lainnya memilih langsung melanjutkan S2, sejujurnya keinginan aku untuk lanjut sekolah juga besar banget tapi sayang, saat ini keadaan finansial sama sekali tidak mendukung. Beasiswa untuk S2 sebenarnya banyak, tapi tempat yang aku pinginin mensyaratkan harus ada experience kerja selama 2 tahun. Aku juga masih meragukan niat aku untuk kuliah lagi apakah karena memang pingin menuntut ilmu atau karena takut menghadapi dunia kerja jadi ya sekolah lagi aja (beberapa orang begitu loh).

Ada juga yang lulus kuliah punya rencana-rencana lain kaya nikah atau buka usaha sendiri. Ngelihat banyak temen-temen SMP ku yang udah nikah rasanya pingin juga tapi nikah kan ga cuma karena kepingin, masih banyak aspek aspek kesiapan lainnya,tapi aku salut sama orang-orang yang milih nikah muda. Selain itu yang milih ngerintis usaha juga banyak, terutama mereka yang emang punya hobi di bidang yang sama dengan usahanya, bahkan sekarang ada temen ku yang ngejalanin startup, salut banget lah sama dia, keren!

Pasti kita pernah mikir (aku sih) kok orang lain enak yah, kok aku gini gini aja yah, tapi ku selalu yakin kalau setiap orang punya rezekinya masing masing dan setiap orang punya pilihan masing masing sama hidupnya. Aku selalu yakin ketika kita melalukan segala sesuatu dengan baik dan ikhlas maka kebaikan itu akan berbuah manis.

Everyone has their own redcarpet, tetap semangat dan selalu berdoa
Depok, 26 Nov 2016
-ditemani rintikan hujan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s